William dari St. Thierry adalah salah seorang mistikus Kristen
dari abad ke-21. Dia dilahirkan di Liege (sekarang Belgia) dalam sebuah
keluarga bangsawan sekitar tahun 1075-1080 dan meninggal dunia di Signy pada
tahun 1148. Ia kemudian menjadi seorang biarawan Benediktus dan terpilih
menjadi seorang kepala biara di St.Thierry dekat kota Reims. William adalah sahabat dekat Bernardus dari
Clairvaux. Hampir 100 tahun, William
berada di bawah bayang-bayang kepopuleran sahabatnya ini. Pengenalannya yang
lama dengan Bernardus sudah cukup untuk membuat William berhenti dari
jabatannya sebagai kepala biara dan memutuskan untuk masuk dalam kelompok
Sistersian. Bahkan, dalam beberapa sumber, William lebih dikenal sebagai
'sahabat Bernardus'. Akan tetapi, memasuki abad ke-20 pemikiran-pemikiran
William mulai dikenal secara luas. Salah satu sumbangan pemikirannya yang
banyak menarik perhatian para teolog adalah trinitas yang dilihat sebagai
persoalan mistik. Menurutnya, teologi trinitarian sangat mistik dan teologi
mistik sangat trinitiran. Tulisannya yang paling dikenal adalah Epistle to
the Brothers of Mont Dieu yang ditulisnya tahun 1144. Sama seperti
Bernardus dari Clairvaux, William juga mengembangkan teologi mistik cinta.
Selain surat-suratnya kepada St Bernard, William menulis beberapa karya,
beberapa di antaranya tetapi semua dalam literatur monastik tradisional hari
dan semua ditulis dalam bahasa Latin.
1.
De contemplando Deo (On Merenungkan Tuhan) di
1.121-1.124
2.
De natura et Dignitate amoris (Di Alam dan Martabat of
Love) sekitar waktu yang sama
3.
De sacramento Altaris (Pada Sakramen di Altar) yang
merupakan teks Cistercian awal tentang teologi sakramental dan ditulis tahun
1127
4.
Commentarius di Canticum canticorum e scriptis S. Ambrosii
(Commentary on Kidung Agung dari Tulisan of St Ambrosius) sekitar 1.128
5.
Excerpta ex libris Sancti Gregorii Super Canticum
canticorum (Kutipan dari Buku dari St Gregorius [Agung] atas Kidung Agung)
sekitar tahun yang sama
6.
Brevis commentatio di Canticum canticorum (Komentar
singkat tentang Kidung Agung) eksposisi pertama ini teks Alkitab di 1.130
7.
Responsio abbatum (Tanggapan Abbots) dari Bab di 1.132
8.
Meditativae orationes (Renungan tentang Doa) di 1137
9.
Expositio Super Epistolam ad Romanos (Pameran atas Surat
kepada jemaat di Roma) pada tahun 1137
10. De natura
corporis et animae (Pada Sifat Tubuh dan Jiwa) sekitar 1.138
11. Expositio Super
Canticum canticorum (Pameran selama Kidung Agung) komentarnya lagi di 1.139
12. Disputatio
Adversus Petrum Abelardum (Perdebatan melawan Peter Abelard) sebagai surat
kepada Bernard tahun 1140
13. Epistola de
erroribus Guillelmi de Conchis (Surat pada Kesalahan William of Conches) juga
ditujukan kepada Bernard di 1.141
14. Sententiae de
fide (Renungan Iman) di 1.142 yang sekarang hilang
15. Speculum Fidei
(Cermin Iman) sekitar 1.142-1.144
16. Aenigma Fidei
(Enigma Iman) sekitar waktu yang sama
17. Epistola ad
fratres de Monte-Dei (Surat ke Brothers Mont-Dieu, lebih sering disebut Surat
Emas) di 1.144-1.145
18.
Vita prima Bernardi (Kehidupan Pertama Bernard) tahun
1147 yang kemudian ditambahkan oleh penulis lain setelah kematian Bernard di
1153
Beberapa tulisan William yang cukup populer bahkan pada akhir abad ke-12, begitu banyak sehingga mereka juga sering dikaitkan dengan Bernard dari Clairvaux kualitas mereka dan juga alasan lain untuk popularitas lanjutan mereka. William menarik pada penulis monastik dan teologis yang ada dan tradisional zamannya dan penulis yang signifikan dari abad-abad sebelumnya, tetapi tidak dalam cara budak, melainkan ia adalah kreatif dan mandiri (dalam arti terbaik dari kata) dalam pikirannya dan eksposisi. Komentar sendiri menunjukkan wawasan yang luar biasa sementara mereka juga menggabungkan penulis tradisional seperti Agustinus dari Hippo dan Origenes dari Aleksandria. Mungkin karya-karyanya yang paling berpengaruh adalah mereka berurusan dengan kehidupan spiritual biarawan kontemplatif. Dari Allahnya Merenungkan ke surat Emas nya, seseorang dapat melihat evolusi progresif pemikiran William dan jatuh tempo wawasan spiritual William dan pengalaman, sementara juga memperhatikan gaya, menulis ditingkatkan lebih dipoles dan organisasi. Beberapa ulama juga berpendapat bahwa meskipun William menarik pada teks dan penulis di masa lalu, kreativitas dan penggunaan terminologi spiritual juga berpengaruh pada banyak penulis lain dari abad ke-12 dan seterusnya.
Teks-teks Latin dari sebagian besar tulisan-tulisan William yang terkandung dalam JP Migne ini Patrologia Cursus Completus Seri Latina (Patrologia Latina) volume 180, dengan karya-karya lain juga dalam volume 184 dan 185. Sebagian besar tulisan-tulisan William tersedia dalam terjemahan bahasa Inggris dari Cistercian Publikasi [1] terletak di Kalamazoo bersama dengan Institut Studi Cistercian di Western Michigan University.
Beberapa tulisan William yang cukup populer bahkan pada akhir abad ke-12, begitu banyak sehingga mereka juga sering dikaitkan dengan Bernard dari Clairvaux kualitas mereka dan juga alasan lain untuk popularitas lanjutan mereka. William menarik pada penulis monastik dan teologis yang ada dan tradisional zamannya dan penulis yang signifikan dari abad-abad sebelumnya, tetapi tidak dalam cara budak, melainkan ia adalah kreatif dan mandiri (dalam arti terbaik dari kata) dalam pikirannya dan eksposisi. Komentar sendiri menunjukkan wawasan yang luar biasa sementara mereka juga menggabungkan penulis tradisional seperti Agustinus dari Hippo dan Origenes dari Aleksandria. Mungkin karya-karyanya yang paling berpengaruh adalah mereka berurusan dengan kehidupan spiritual biarawan kontemplatif. Dari Allahnya Merenungkan ke surat Emas nya, seseorang dapat melihat evolusi progresif pemikiran William dan jatuh tempo wawasan spiritual William dan pengalaman, sementara juga memperhatikan gaya, menulis ditingkatkan lebih dipoles dan organisasi. Beberapa ulama juga berpendapat bahwa meskipun William menarik pada teks dan penulis di masa lalu, kreativitas dan penggunaan terminologi spiritual juga berpengaruh pada banyak penulis lain dari abad ke-12 dan seterusnya.
Teks-teks Latin dari sebagian besar tulisan-tulisan William yang terkandung dalam JP Migne ini Patrologia Cursus Completus Seri Latina (Patrologia Latina) volume 180, dengan karya-karya lain juga dalam volume 184 dan 185. Sebagian besar tulisan-tulisan William tersedia dalam terjemahan bahasa Inggris dari Cistercian Publikasi [1] terletak di Kalamazoo bersama dengan Institut Studi Cistercian di Western Michigan University.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar